HONDA KUDUS JAYA. 20 unit All New Honda Civic Turbo meluncur dari Jakarta menuju Bandung. Setidaknya ada 60 jurnalis dari berbagai latar belakang yang penasaran dengan mobil yang diperkenalkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016.

Ada yang membisikkan bahwa, sepekan All New Civic Turbo diperkenalkan di Thailand, dua unit langsung diterbangkan PT Honda Prospect Motor untuk mengikuti IIMS 2016. Tentu ini sangat spesial bagi konsumen Tanah Air.

Yup, HPM hanya luncurkan satu pilihan bagi konsumen Indonesia yakni All New Civic 1.5L Turbo. Banderolnya mencapai Rp 475 juta (on the road Jabodetabek – BBN mobil pertama).

Secara kasat mata, Honda memang terlihat habis-habisan menghadirkan generasi ke-10 All New Civic, terutama untuk varian turbo. Sebut saja, fitur mewah pada saudara besarnya disematkan. Tapi tanpa melunturkan kesan sportif yang memang menjadi “benchmark” di kelasnya.

Memerhatikan eksterior, kami temui kerlingan LED bukanlah pemanis. Namun menjadi penyorot utama All New Civic Turbo. Begitupula rem belakang menempatkan LED. Velg 17 inci.

Keyless entry terbilang pas digenggaman, ataupun masuk ke kantong. Pengendara tak pelu memutar kunci kontak, cukup tekan saja tombol start. Embusan penyejuk kabin langsung terasa begitu mesin menyala.

Cukup mudah mendapatkan posisi berkendara dengan 8-way, posisi kemudi juga mudah disetel agar pas saat bermanuver.

Pada konsol ada fitur yang cukup ramai, seperti Auto Brake Hold dan biasanya rem ditemui dipijak atau ditarik tapi di All New Civic Turbo cukup ditekan dengan jari.

Seluruh kontrol sudah tersemat di lingkar kemudi, termasuk paddle shift untuk perpindahan percepatan. Pengalaman dengan cruise control di jalur bebas hambatan juga menyenangkan, tanpa harus memijak pedal gas, sudah bisa dikontrol melalui lingkar kemudi.

Kami menemui kabin terlihat lebih leluasa dengan penataan ulang pada dashboard hingga jok.

Berada di balik kemudi memang cukup menyenangkan, ringan dan akurasinya tak mengecewakan saat melaju agresif mengikuti kawalan dan rombongan mobil. Nyatanya All New Civic Turbo menerakan Dual Pinion Electric Power System.

Cukup impresif dengan tendangan torsi 220 Nm pada 1.700 – 5.500 rpm. Sedangkan tenaganya 170 hp pada 5.500 rpm.

Suguhan CVT (Continuously Variable Transmission) lebih halus minim sentakan meski paddle shift shift bisa dimainkan hingga 7-percepatan. Pengereman juga cukup diandalkan.

All New Civic Turbo dikemas tak terlalu disajikan sebagai kendaraan yang besar. sehingga kami cukup berani mengambil rapat di kemacetan untuk merangsek mengikuti kawalan.

Melewati jalur bebas hambatan Cipularang, All New Civic Turbo melesat cukup ringan. Bahkan tanjakan panjang terbilang mudah untuk melakukan over taking.

Melaju sekitar 100 km/jam, interupsi angin dari depan tak begitu mengganggu. Hanya saja beberapa permukaan jalan dengan beton kasar membuat suara masuk ke kabin, tapi tidak mengganggu kenyamanan saat duduk.

Melompat ke kursi belakang, ruang kaki terbilang lega dan ruang kepala juga cukup. Ada semburan angin untuk penumpang belakang yang menyatu dengan konsol tengah.

Bila menilai, All New Civic Turbo ini membuat kompetitornya harus merancang matang-matang versi terbarunya. Harga Rp 493 juta (OTR Jawa Tengah) Al New Civic Turbo ini cukup masuk akal bagi kaum muda berbanding menebus VW Golf.

Memang, Golf lebih menggiurkan. Tapi setidaknya All New Civic Turbo punya fitur-fitur yang menyenangkan dan pemakainya lebih terlihat mapan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *