HONDA KUDUS JAYA. Penggunaan turbo pada mesin All New Honda Civic ditujukan untuk mendapatkan performa maksimal tanpa harus mengorbankan efisiensi bahan bakar. Inovasi Honda ini mematahkan persepsi lama mengenai borosnya mesin turbo.

“Memang teknologi turbo zaman dulu punya performa bagus, tetapi kurang dari segi efisiensi bahan bakar. Karena kami maunya dua-duannya tercapai, kami berusaha sampai akhirnya mendapatkan spesifikasi mesin yang seperti ini,” ucap Yuji Matsumochi, Chief Engineer Global Development Assistant Leader All New Civic Honda R&D Co.,Ltd di booth Honda saat Indonesia International Motor Show 2016.

Yuji mengatakan bahwa dalam meningkatkan efisiensi bahan bakar terdapat dua cara yang dapat dilakukan. Adapun cara tersebut yaitu memanjangkan stroke dan meningkatkan kompresi rasio. Rasio kompresi All New Honda Civic sendiri diklaim mencapai 10,6. Untuk menyempurnakan pembakaran, maka teknologi turbo dibutuhkan.

“Dengan kompresi setinggi itu ditujukan untuk menghindari knocking. Menghindari knocking juga memiliki beberapa cara, seperti penggunaan exhaust valve dari material sodium, mengatur valve timming, dan menggunakan piston dengan desain khusus,” jelasnya.


Lantas, dengan inovasi tersebut akankah Honda mengaplikasikan teknologi tersebut ke model lainnya?

“Ada kecenderungan seperti itu. Namun, kembali lagi ke demand masing-masing daerah. Ada juga daerah yang lebih memilih mesin natural aspirated,” tutupnya.

Sumber : Otosia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *