HONDA KUDUS JAYA. Setelah pertama kali meluncur tahun 2014 lalu, Honda melakukan perubahan besar-besaran pada Low MPV Mobilio. PT Honda Prospect Motor (HPM) mengajak serta jurnalis otomotif nasional untuk menguji ketangguhan LMPV terbarunya New Mobilio yang baru diluncurkan 12 Januari 2017 lalu dengan berkeliling Bali.

Honda Mobilio

Rute yang dipilih mulai dari perkotaan hingga ada juga jalanan tanah, licin, dan berbatu. HPM memboyong dua tipe untuk diuji yaitu tipe E otomatis dan juga varian termahalnya RS otomatis. New Mobilio ini mengalami perubahan besar untuk pertama kalinya sejak diluncurkan tahun 2014.

Manajemen HPM melepas rombongan test drive media

Indonesia merupakan negara pertama di dunia yang meluncurkan model terbaru ini. Berikut detikOto rangkum pengujian New Mobilio.

1. Desain

Menguji Ketangguhan All New Honda Mobilio di Pulau Dewata
Desain bumper penuh gaya serta grille depan dengan krom dan dilengkapi Sporty Front and Rear Bumper, Sporty Side Under, dan Sporty Tailgate Spoiler menambah kesan sporty dan dinamis.

Di bagian atas juga terdapat penambahan Roof Moulding Garnish. Bagian samping dilengkapi Power Retractable Door Mirror sehingga kaca spion bisa dilipat secara otomatis.

Khusus pada New Mobilio tipe RS ada warna Phoenix Orange dengan paduan atap dan grille depan berwarna hitam yang agresif.

2. Interior yang Lebih Nyaman
 
Menguji Ketangguhan All New Honda Mobilio di Pulau Dewata

Di baris kedua juga terdapat New Center Headrest agar penumpang semakin nyaman selama perjalanan seperti detikOto rasakan.

Di tipe RS, interiornya mengusung warna hitam dengan kombinasi jahitan oranye yang menambah kesan sporty di varian ini.

3. Fitur Semakin Lengkap

Menguji Ketangguhan All New Honda Mobilio di Pulau Dewata
Sementara di tipe RS mengusung sistem audio video dengan ukuran layar yang lebih besar 6,8 inchi terhubung dengan format DVD, CD, MP3, WMA, USB, dan juga bisa dengan iPod, iPhone melalui USB port serta Bluetooth.

Melengkapi Sistem Audio Video, New Mobilio dilengkapi 6 speaker premium pada tipe RS membuat suara lebih bertenaga. detikOto juga sempat mengetes dengan volume tinggi namun suara tidak pecah dan lebih jernih dan kedap saat jendela ditutup. Sementara di tipe E suara dari luar tidak terlalu kedap kadang masih terdengar.

Suara audio berkualitas tersebut berkat K2 Technology yang memperluas rentang frekuensi, Volume Link EQ untuk menjaga pengaturan equalizer tetap optimal, Magnet Neodynium memberikan frekuensi tinggi, Rubber Edge untuk durabilitas lebih tinggi, dan Polypropylene Cone untuk suara lebih tajam dan daya tahan lebih tinggi terhadap kelembapan.

Terdapat juga Auto Up and Down Power Window khusus pengemudi pada tipe E, Digital A/C, Power Door Mirror, Auto Door Lock by Speed, serta New Audio Steering Switch yang memberikan kemudahan mengatur audio selama perjalanan sehingga pengemudi tetap fokus. Fitur Auto A/C berfungsi untuk menyesuaikan suhu dalam kabin.

4. Performa

Menguji Ketangguhan All New Honda Mobilio di Pulau Dewata
Didukung Drive by Wire yang mampu mengontrol buka tutup Throttle Valve untuk presisi akselerasi maksimal sehingga BBM tetap hemat. Ada juga ECO indicator yang berfungsi untuk mendeteksi dan memberikan informasi secara real time.

Menguji Ketangguhan All New Honda Mobilio di Pulau Dewata

Transmisinya mengusung CVT dengan Earth Dream Technology sehingga perpindahan transmisi betul-betul tidak terasa.

New Honda Mobilio diklaim memiliki emisi gas buang rendah dan telah lulus uji Euro-2 dari pemerintah bahkan telah memenuhi Euro-4.

5. Keamanan
 
Menguji Ketangguhan All New Honda Mobilio di Pulau Dewata
Fitur ABS (Anti-lock Braking System) mencegah penguncian roda saat pengereman mendadak. EBD (Electronic Brake-force Distribution) mampu menyalurkan daya pengereman sesuai dengan beban kendaraan. Isofix dan Tether bisa mengunci kursi bayi pada bangku baris kedua kendaraan.

Menguji Ketangguhan All New Honda Mobilio di Pulau Dewata

Agar penumpang di baris ketiga lebih aman, 3 Point Seatbelt pada bagian tengah di baris kedua penumpang berfungsi untuk menjaga posisi tubuh tetap berada pada posisinya dan mencegah gerakan dada ke depan ketika terjadi benturan keras.

Kunci canggih dengan Immobilizer dan Security Alarm berfungsi untuk mencegah pencurian. Ruang bagasi juga sudah didesain sedemikian rupa agar barang bawaan tidak mudah jatuh saat pintu bagasi dibuka.

Menguji Ketangguhan All New Honda Mobilio di Pulau Dewata

VSA (Vehicle Stablity Assist) dihadirkan untuk mengurangi oversteering dan HSA (Hill Start Assist) untuk menahan tekanan rem sesaat sebelum kendaraan melaju kembali saat sedang berada di tanjakan agar tidak mundur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *