HONDA KUDUS JAYA. Sejatinya sebuah mobil Sport Utility Vehicle (SUV) memang digunakan untuk berpetualang menjelajah alam. Inilah yang ingin dibuktikan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk menguji ketangguhan SUV terbaru mereka Honda CR-V Turbo.

Sebanyak 60 awak media pun diajak untuk menjelajah kawasan Gunung Bromo di Jawa Timur pada tanggal 19-31 Juli 2017. Mengambil tema “Discover Greatness”, generasi kelima Honda CR-V yang kini dibekali mesin baru berkapasitas 1.5 liter dengan teknologi turbo yang dipadukan dengan transmisi CVT.

Perjalanan diawali dari kota Malang menuji Gunung Bromo dengan terlebih dahulu mampir di kawasan wisata Coban Rondo. Jalur yang didominasi oleh jalanan sempit ini dengan mudah dilalui oleh SUV yang kini memiliki dimensi lebih lebar dari generasi sebelumnya.

Fitur hiburan di dalam kabin pun kini lebih memanjakan konsumen, dengan layar sentuh 9″ yang memiliki fungsi mirroring dengan iPhone maupun Android, sistem navigasi, lalu multi angle rear view kamera serta nanoe technology yang dapat menjaga kualitas udara di dalam kabin. Ditambah dengan desain interior baru yang semakin elegan dan juga meter cluster canggih semakin menambah nikmat berkendara.

Saat melaju di jalan raya pun Honda CR-V terbaru ini juga membuat semua orang meliriknya. Berkat karakter SUV yang kini lebih tegas dengan desain lampu depan baru full LED dan DRL. Bagian belakanngnya juga tampak mewah berkat lampu LED yang modern. Desain velg 18 inci juga semakin sporty.

Tapi kekuatan sesungguhnya berada di jantung pacunya. Mesin 1.5 liter turbo mampu menghembuskan tenaga 190 PS pada 5.600 rpm dengan torsi 240 Nm yang sudah bekerja di putaran mesin 2.000 hingga 5.000 rpm. Saat memasuki kawasan Gunung Bromo yang dominan dengan tanjakan terjal, terbukti mesin yang lebih kecil ini tidak mengalami kesulitan.

Tenaganya konstan mengalir sejak putaran mesin rendah. Saat dipacu maksimal pun terasa tenaganya terus terisi hingga putaran tinggi. Meliuk-liuk di jalur pegunungan yang sempit dan terjal bukan halangan bagi SUV Honda ini, meski tubuhnya kini bertambah besar. Hanya sedikit kompromi pada pengendalian jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Ditambah dengan adanya fitur auto brake hold yang memudahkan saat harus berhenti di tanjakan, kami tetap dapat mengistirahatkan kaki dari pedal rem. Tinggal tekan pedal gas lagi mobil langsung melaju mulus.

Fitur vehicle stability assist (VSA) berfungsi dengan baik mengendalikan mobil agar tetap stabil saat memasuki area yang terkenal di Bromo, yaitu Pasir Berbisik dan Bukit Teletubbies. Tidak Sementara panoramic roof menambah sensasi berkendara di pegunungan Bromo yang sejuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *