HONDA KUDUS JAYA. Suatu kehormatan bagi kami ketika dapat mencoba impresi Honda Civic Turbo terbaru di Thailand. Lalu hal menarik apa yang diberikan Honda untuk salah satu mobil legendarisnya itu?

Meski peminat pasar Medium Sedan saat ini tidak sebergairah dulu, namun bukan berarti para pabrikan tidak menghadirkan sesuatu yang segar. Seperti Honda dengan Civic, lini produk legendaris mereka yang kini mengalami perubahan total.

Bertepatan dengan Bangkok Inter national Motor Show 2016, terlihat sosok baru dari Civic yang melengkapi line-up di booth milik Honda. Desain eksterior Civic sungguh menarik per hatian. Tak heran banyak para pengunjung yang melihatnya dari dekat.

Pada eksterior bagian depan terlihat jelas perbedaan dari Civic terbaru dengan versi pendahulunya. Kini ia dibalut lekukan-lekukan tajam sehingga desain bodi terlihat lebih agresif. Karena unit yang kami foto adalah Honda Civic 1.5 Turbo RS, ia menggunakan headlamp LED sehingga memberikan kesan mewah.

Melihat bagian gril, Ci vic terbaru menggunakan desain gril berlapis chrome yang lebih besar dan menyatu dengan headlamp. Pihak Honda pun mengganti desain foglamp yang semula berbentuk oval, kini menjadi bulat.

Penempatan lampu sein samping menjadi per hatian kami. Peletakan lampu sein tersebut berada di atas fender yang berdempetan dengan bagian ujung bamper depan. Harus kami apresiasikan desain penempatan sein samping yang unik ini.

Beralih ke bagian belakang, Civic memiliki desain kemiringan pilar C yang lebih rendah. Dengan desain pilar C itu, menjadikan Civic terkesan bagai ber desain coupe. Tidak ha nya itu, pada pintu bagasi dise mati spoiler agar pe nampilannya lebih gagah.

Balutan warna hitam mendominasi interior sehingga memberi kesan mewah. Kursi yang terasa pas di badan dengan pengaturan elektrik, sebuah cerminan kenyamanan di bagian interior yang dimiliki Civic.

Instrument cluster Civic mengalami kemajuan yang signifikan. Karena di sana tersedia layar yang dinamai TFT LCD instrument display untuk memberikan informasi kecepatan kendaraan, putaran mesin, bahkan kontak telepon.

Baik pengemudi dan penumpang, kini bisa lebih banyak memainkan fitur yang tersedia di sebuah head unit berukuran 7 inci milik Civic.

Salah satunya karena tersedia program Car Play yang dapat memindahkan tampilan gadget Anda ke layar head unit. Sayang hanya gadget dengan sistem operasi iOS yang bisa terhubung. Uniknya lagi, head unit juga menjadi tempat untuk mengetahui informasi sistem pendingin udara

Bicara soal fitur, dimulai dari remote yang disediakan. Peranti itu tidak hanya berfungsi untuk membuka atau mengunci pintu, tetapi juga bisa untuk menyalakan mesin yang dimilikinya.

Sedangkan fitur kenyamanan yang disediakan, ialah Auto Brake Hold, rear-view camera dengan tiga tampilan yang berbeda dan kamera samping untuk memperluas pandangan, meski hanya di bagian kiri.

Literatur menyebutkan, Civic menghadirkan dua pilihan mesin, yaitu 1.8 dan 1.5 turbo. Unit 1.5 turbo DOHC berkapasitas 1.498 cc 4-silinder turbo menghasilkan tenaga sebesar 173 dk dan torsi sebesar 220 Nm pada putaran mesin 1.700-5.500 rpm.

Jika dibandingkan mesin pendahulunya 1.8 i-VTEC, jelas saja mesin 1.5 VTEC Turbo lebih bertenaga. Buktinya mesin 1.8 i-VTEC hanya menyajikan tenaga sebesar 141 dk dan torsi puncak 174 Nm pada putaran mesin 4.300 rpm.

RIVAL
Toyota Corolla Altis V A/T

Mesin: 1.798 cc 4 silinder, 151 dk
0-100 km/jam: 11,6 detik
Harga: Rp 441,2 juta

+: Pilihan transmisi, akomodasi
-: Tenaga, fitur, desain

 

FIRST OPINION
Perubahan pada sektor desain, mesin dan fitur menjadi bukti keseriusan Honda dalam menghadirkan Civic terbaru. Tentu sebuah kabar baik jika Civic bermesin tur bo ini hadir di Indonesia mengingat banyaknya penggemar mobil legendaris ini. Kita tunggu saja.

SEKILAS PANDANG
– Sudah diluncurkan di Thailand
– Tersedia 4 trim, yaitu 1.8 E, 1.8 EL, 1.5 Turbo dan 1.5 Turbo RS
– Hanya tersedia pilihan transmisi otomatis CVT

Sumber : Autoblid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *