HONDA KUDUS JAYA. Kini saatnya kami mencoba Honda Civic turbo Terbaru di Indonesia yang memiliki perubahan signifikan dalam hal desain, teknologi mesin dan fitur. Apakah semua ubahan itu mampu mengembalikan pamornya di Tanah Air?

Pada tahun 1972, untuk pertama kalinya Honda memperkenalkan Civic sebagai model global pertamanya. Empat tahun, kemudian barulah generasi pertama Honda Civic hadir di Indonesia.

Perjalanan 40 tahun Honda Civic di Indonesia, menghadirkan sebuah terobosan baru dalam hal teknologi. Kini Honda Civic generasi ke-10 menghadirkan perubahan dalam hal desain, teknologi mesin dan fitur.

Sebelumnya kami sudah sempat melihat Honda Civic 1.5 turbo versi Thailand. Ternyata untuk unit di Indonesia hanya menghadirkan satu pilihan, yaitu Honda Civic Turbo 1.5 ES dan tidak memiliki perbedaan dengan tipe tertinggi di Thailand.

Dimulai dari bagian eksterior. Civic menggunakan desain gril berlapis chrome dengan dimensi yang besar. Kami pun melihat penggunaan headlamp LED yang serupa dengan Civic Turbo tipe tertinggi di Thailand. Semua itu ampuh memberikan kesan mewah pada Civic saat ini.

Sementara pada bagian interior, kemewahan Civic tercermin dari balutan warna hitam dan penggunaan bahan kulit. Kami melihat Honda memberikan sebuah desain dasbor yang menjadi ciri khas untuk produk terbaru dari Honda.

Saatnya membahas hal terpenting dari Civic terbaru saat ini, yaitu sektor mesin. Civic kini menggunakan mesin DOHC berkapasitas 1.498 cc 4-silinder turbo dengan tenaga sebesar 173 dk dan torsi sebesar 220 Nm pada putaran mesin 1.700-5.500 rpm.

Ini lah yang menarik dari Civic generasi ke-10. Dengan berbekal turbo, tenaga yang disajikan terasa selalu hadir saat dibutuhkan.

Untuk First Drive Honda Civic 1.5 Turbo saat ini kami pun mendapat kesempatan untuk mengajaknya ke luar kota, yakni Bandung. Tentunya medan yang beragam saat menuju tempat tujuan memberikan impresi berkendara yang berbeda.

Hal pertama yang terasa adalah laju berkendara dengan Civic kini kian terasa halus saat kami menjalankannya di jalan bebas hambatan.

Pasalnya Civic 1.5 Turbo berbekal transmisi CVT, alhasil ia pun memberikan sebuah kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang dan berpotensi menghadirkan konsumsi BBM yang irit tentunya.

Kontur jalan yang tidak rata di tol Cipularang menjadi kesempatan kami untuk mencoba karakter suspensi dari Civic. Ternyata Civic memiliki bantingan yang empuk sehingga memberikan kenyamanan tambahan.

Bicara soal fitur tak kalah menariknya. Ia memiliki fitur Remote Engine Start yang bisa menghidupkan mesin, bahkan sistem pendingin udara. Jadi pemilik Civic bisa menyiapkan kondisi mesin untuk memanaskan dan mendinginkan suhu kabin sebelum menggunakannya. Tertarik untuk memiliki Civic terbaru?

RIVAL
Toyota Corolla Altis V A/T

Mesin: 1.798 cc 4 silinder, 151 dk
0-100 km/jam: 11,6 detik
Harga: Rp 441,2 juta

+: Pilihan transmisi, pilihan varian, akomodasi
-: Tenaga, fitur, desain

 

FIRST OPINION
Banyaknya kelebihan yang diberikan Civic terbaru saat ini menjadi sebuah daya tarik pecinta Medium Sedan di Indonesia. Kami pun merasa penasaran untuk mengetahui performanya di sesi pengetesan Test Drive. Tunggu hasilnya.

SEKILAS PANDANG
– Hanya tersedia 1 pilihan varian
– Hanya tersedia 1 pilihan transmisi
– Tersedia paket Cermat untuk menghemat perawatan berkala

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *