HONDA KUDUS JAYA. Akhirnya Honda memberikan Brio varian RS. Sebuah varian yang kerap disematkan pada tipe tertinggi dengan nafas sporti di lini produk Honda. Auto Bild mencoba impresi Honda Brio RS terbaru di Indonesia ini.

Setelah berhasil mengubah tampilan dari Mobilio, kali ini PT Honda Prospect Motor (HPM) menghadirkan Brio RS di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016. Brio RS ini merupakan line up terbaru Brio dan menjadi tipe tertinggi alias flagship.

Tampangnya mirip sekali dengan Mobilio, namun berkat posturnya yang mungil, Brio terlihat lebih sporti dari Mobilio.

Kesan modern juga nampak di bagian depan mobil ini. Bentuk bumper yang lebih lebar dari model sebelumnya serta airdam yang lebih besar menunjukkan mobil ini kental dengan tampang dinamis. Di bagian lampu pun sama persis layaknya Mobilio yang mengaplikasi model projector dan LED.

Di bagian samping juga terdapat body-kit yang memperkuat kesan sporti mobil ini. Selain itu, di bagian spion pun sudah menggunakan sistem retract dan penambahan lampu sein. Model rumah kaca spion ini serupa dengan milik kakaknya, Jazz.

PT HPM juga memasangkan pelek berukuran 15 inci pada Brio RS guna mendongkrak penampilannya. Sebagai catatan pada Brio tipe Satya masih menggunakan pelek 14 inci yang dianggap sebagai basic.

Aura sporti memang diperlihatkan ketika memasuki bagian dalam kabin. Warna hitam yang digunakan pada bagian interior selain sporti juga mengundan rasa mewah.

Dasbor juga menjadi komponen yang baru pada Brio RS. Desainnya kini mirip dengan yang ada pada BR-V dan Mobilio. Hal ini sontak membuat interior Brio RS lebih segar dari model sebelumnya.

Mode pengontrol AC digital digunakan pada Brio RS ini. Selain itu di bagian head unit juga sudah menggunakan layar sentuh berukuran 6,2 inci dan sudah dapat bersikronisasi dengan berbagai media seperti USB maupun Aux-In. Agar penumpang lebih nyaman, tweeter speaker pun dipasangkan di bagian pilar A oleh Honda.

Sedangkan untuk pengendara hanya akan lebih mudah mengatur sistem audio karena adanya tombol audio di bagian setir. Serta indikator ECO yang membuat pengendara melihat apakah cara berkendaranya sudah hemat bahan bakar. Untuk sistem keselamatan kantung udara ganda disematkan pada mobil ini.

Di bagian dapur pacu memang tidak banyak mengalami perubahan. Mesin 1.119 cc i-VTEC pada Brio terbaru ini hanya mengalami perubahan setting ECU sehingga tenaga lebih besar 2 dk.

Kini menjadi 90 dk dari model sebelumnya yang hanya 88 dk. Selain itu, di bagian transmisi sudah menggunakan model CVT yang diklaim akan membuat Brio lebih efisien bahan bakar. Lantas, akan menjadi seberapa iritkah konsumsi bahan bakar Brio terbaru ini?

RIVAL
Mitsubishi Mirage Sport

Mesin: 1.193 cc, 77 dk
0-100 km/jam: 12,9 detik
Harga: 179 juta

+: Varian lebih banyak, gengsi LCGC, handling
-: Tenaga, harga, model

 

First Opinion
Sebuah revisi kecil namun efektif dari PT HPM untuk salah satu hatchback favoritnya. Selain ubahan pada penampilan, setting mesin yang dilakukan mampu membuat tenaga mobil ini lebih besar. Penggunaan sistem transmisi CVT yang diklaim mampu membuat mobil lebih efisiensi bahan bakar patut dibuktikan.

Sekilas Pandang
– Tersedia 3 varian dengan pilihan 7 warna
– Transmisi CVT yang mampu lebih mengefisiensi bahan bakar

Sumber : Autobild

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *