HONDA KUDUS JAYA. Honda kembali luncurkan model baru Accord. Bukan ‘all new’ lantaran hanya mendapatkan sentuhan di beberapa sektor. Dimana sajakah letak penyegarannya? Auto Bild mencoba impresi Honda Accord 2.4 VTi-L A/T terbaru di Indonesia.

Sebenarnya tahun lalu Honda Accord baru saja menyegarkan diri. Tidak banyak, hanya beberapa sektor tampilan. Tapi memanfaatkan momentum Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, ternyata Accord facelift kembali muncul. Jika Anda bukan fans Accord, tentu akan sulit membedakannya dengan model lawas.

Coba arahkan pandangan ke gril. Pasti langsung mengingatkan pada gril model-model Honda lain di bawahnya. Gril dengan label Solid Wing Face ini memberi profil desain yang modern dan kokoh. Kian unik lantaran bilah gril paling atas sedikit menginvasi lampu. Kap mesin baru dengan guratan tegas membuatnya tampil dominan.

Lampu depan proyektor sudah diganti full LED. Pun dengan lampu DRL menyiku di bawahnya. LED juga digunakan oleh foglamp di bumper depan. Aplikasi lampu LED di semua sumber penerang menunjukkan eksistensi Accord dan bergaya ‘kekinian’.

Bumper depan juga mendapatkan sentuhan. Model lama yang cenderung monoton dibuat lebih dinamis, dengan pola desain mengingatkan pada spoiler F1. Kami melihatnya tampak lebih agresif tanpa harus kehilangan aura mewah.

Lampu LED kembali singgah di lampu sein samping. Di spion kiri terdapat kamera sebagai bagian dari fitur Lane Watch dan Multi Angle Rear View Camera. Lane Watch memberikan penglihatan lebih luas di samping kiri mobil dan mengurangi blind spot area. Sedangkan Multi Angle Rear View Camera memberikan bantuan pandangan saat parkir. Pelek alloy 18-inci tidak berubah desain.

Ke belakang, kembali aplikasi lampu LED mendominasi ubahan di Accord terbaru. Sentuhan terlihat pula di sektor bumper belakang. Menganut pola desain serupa bumper depan, buritan Accord terlihat lebih gagah dan modern.

Masuk ke dalam, kelir beige pada jok kulit menambah kesan luas kabin Accord yang memang sudah lega. Tidak banyak ubahan dilakukan. Hanya beberapa detail seperti New Alaska Wood Panel & Gloss One Black menggantikan kelir coklat di dasbor.

Selain itu, terdapat penambahan dimensi monitor audio dari 7-inci menjadi 7,5-inci. Sedangkan monitor iMID di atasnya naik ukuran dari 7,5-inci menjadi 7,7-inci.

Tidak signifikan, tapi mestinya bisa membantu pandangan dan lebih informatif. Oh ya, sekarang sistem audio Accord dilengkapi fitur Wi-Fi tethering menemani fitur navigasi.

Kabin belakang lega merupakan mandatory yang tidak bisa ditawar dari Honda Accord. Posisi duduk begitu nyaman dan santai. Tersedia armrest untuk mengistirahatkan tangan. Di dalam armrest terdapat tombol untuk mengatur audio mobil.

Untuk menambah kenyamanan, tersedia tirai di kaca samping dan belakang. Spesial untuk belakang bisa dinaik-turunkan via tombol di konsol tengah.

Honda Accord masih menggunakan unit lawas 2.356 cc 4 silinder i-VTEC yang sanggup menghasilkan tenaga 176 dk di 6.200 rpm dan torsi 225 Nm di 4.000 rpm. Sebagai penerus daya masih dipakai transmisi otomatis 5-speed.

Di sini kami melihat mestinya Accord sudah saatnya mendapatkan revisi lebih besar di sektor mesin. Sebagai pembanding, Honda Civic terbaru yang satu kelas di bawahnya ‘hanya’ mengandalkan mesin 1.500 cc turbo tapi tenaganya tembus 173 dk dan torsinya 220 Nm. Pun dengan transmisi CVT.

Memang tidak bisa dibandingkan ‘apple to apple’. Tapi itu untuk menggambarkan lompatan teknologi yang diterima oleh Civic. Ditambah nyaris seluruh line-up Honda sudah memakai transmisi CVT. Tinggal Accord dan CR-V yang belum. Dan notabene keduanya termasuk model flagship.

Fitur Accord tidak banyak berubah. Seperti paddle-shift yang bersanding dengan cruise control. AC climate control dual zone mengimbangi kenyamanan pengatur jok depan elektris.

Sementara 6 buah airbags dan VSA bersinergi dengan rem ABS+EBD+BA menjaga keselamatan berkendara. Econ Mode membantu mesin lebih santai saat mencerna bahan bakar.

Rival
Mazda6 Soul Red A/T

Mesin: 2.488 cc 4-silinder, 187 dk
0-100 km/jam: 8,5 detik
Harga: Rp 618,4 juta

+: Harga, fitur, performa
-: Bantingan suspensi, akomodasi, jaringan aftersales

 

First Opinion
Memang gril Accord terbaru ini mengingatkan pada model lain di bawahnya. Tapi sentuhan-sentuhan di sektor lain membuatnya tampil lebih mewah dan dinamis. Sektor mesin belum mendapatkan revisi memang agak mengecewakan. Tapi kami yakin, sesuai life cycle-nya, Accord terbaru kelak akan tampil dengan segudang inovasi teknologi.

Sekilas Pandang
– Hanya ada 1 pilihan model
– Terdapat 4 pilihan warna bodi
– Ada aksesori lansiran Modulo

Untuk informasi dan pemesanan silahkan menghubungi sales representatif kami :

HUBUNGI KAMI

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *