PT Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi menghadirkan Accord terbaru. Apakah perubahan saat ini mengarah ke sisi positif untuk konsumen miliki? Kami mencoba Honda Accord terbaru di Indonesia ini.

HONDA KUDUS JAYA. Di industri otomotif, trik agar produk dapat terus diminati adalah melakukan ubahan. Apakah ampuh? Jelas, hal ini pasti dilakukan oleh pabrikan mobil untuk menarik minat konsumen sebanyak-banyaknya.

Jurus ini juga dilakukan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM), dengan menghadirkan perawakan baru untuk produk Big Sedan miliknya. Yup, Accord. Tepat April 2016, Accord kembali hadir dengan penyegaran guna memanjakan para fanatisnya.

Di sektor eksterior, penggunaan lampu LED menjadi ciri khas line-up terbaru Honda. Penggunaan sumber pencahayaan LED ini menyentuh berbagai lampu Honda Accord baru.

Mulai dari headlamp, rearlamp, hingga foglamp. Ubahan lainnya di bagian eksterior hanya meliputi bumper depan-belakang dan gril.

Tak mau lama-lama. Langsung saja kami membuka pintu dan masuk untuk mengetahui isi dalam Accord terbaru saat ini. Ternyata panel kayu mengalami ubahan yang kini hadir dengan motif horizontal. Selebihnya, adalah head unit yang kini hadir dengan sistem konektivitas HDMI.

Uji dinamis adalah hal berikutnya yang kami lakukan untuk mengetahui impresi berkendara dari Accord terbaru. Sebelum itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu, bahwa Honda Accord terbaru tidak ada ubahan di sektor mesin.

Respons tenaga yang disalurkan oleh mesin Accord, tidak sereponsif tenaga Toyota Camry dan Mazda6. Berdasarkan literatur yang kami miliki, Accord generasi sebelum nya hanya mencatat waktu akselerasi 9,2 detik, sedangkan Camry 9,5 detik dan Mazda6 8,5 detik untuk melakukan sprint 0-100 km/jam.

Yang menjadi perhatian kami adalah sistem transmisi yang dimilikinya. Ia masih mengandalkan sistem transmisi konvensional 5-speed, dimana entakkan perpindahan gigi transmisi tidak bisa dihindari saat melaju.

Memang, ketika kami jalankan entakkan perpindahan transmisi itu hadir, tapi tidak terasa begitu keras yang bisa mengganggu kenyamanan pengendara dan penumpang. Andaikan ia menggunakan transmisi CVT, pasti entakkan itu absen dari Accord yang notabene menjunjung tinggi sisi kenyamanan.

Lalu bagaimana dengan bantingan suspensi? Karena Accord berorientasi pada kenyamanan penumpang, ia memiliki bantingan yang cukup empuk. Tapi jika diban dingkan dengan rivalnya sekelasnya dari Toyota, lebih terasa empuk ban tingan suspensi Camry.

Hal ini bukan sertamerta menjadi sisi negatif. Ini merupakan suatu siasat untuk mengakali pengendaliannya terasa lebih mantap. Hingga kami menyimpulkan bahwa Accord tidak hanya nyaman untuk penumpang yang duduk di bangku baris kedua, tapi ia juga asyik untuk dikendarai oleh pemiliknya.

Jangan khawatir dengan fitur keselamatan, karena ia memiliki 6 airbags yang mampu melindungi pengendara dan penumpang saat terjadi kecelakaan.

Apakah ia layak untuk dimiliki? Tentu saja layak jika melihat banyaknya kelebihan yang dimiliki, walaupun harga yang diberikan terpaut lebih mahal dari rival sekelasnya.

RIVAL
Mazda6 Soul Red A/T

Mesin: 2.488 cc 4-silinder, 187 dk
0-100 km/jam: 8,5 detik
Harga: Rp 618,4 juta

+: Harga, fitur, performa
-: Bantingan suspensi, akomodasi, jaringan aftersales

 

FIRST OPINION
Sistem transmisi menjadi pusat perhatian kami. Saat ini line-up Honda yang masih menggunakan trans misi konvensional hanya tinggal Accord dan CR-V. Penggunaan transmisi CVT bisa jadi langkah perubahannya kelak nanti di generasi berikutnya, untuk lebih meningkatkan kenyamanan dan efisiensi BBM.

SEKILAS PANDANG
– Hanya ada 1 pilihan model
– Completely Built-Up dari Thailand
– Tersedia paket Cermat untuk biaya maintenance yang lebih terjangkau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *