HONDA KUDUS JAYA. Setiap generasi, Honda selalu berupaya melakukan terobosan. Baik, bicara desain eksterior, interior, jantung pacu, hingga teknologi yang disematkan pada sedan mini andalannya, Civic.

Kali ini, Civic sudah berstatus generasi kesepuluh. Jika dibandingkan dengan model sebelumnya, ubahannya terbilang signifikan.

Pihak Honda menyebut kalau All New Honda Civic dikembangkan mengacu pada tiga pilar utama, yaitu Charismatic, Soulful, danComfortable. Guna membuktikan ini perlu hubungan yang lebih intim antara KompasOtomotif dengan sang sedan mini. Lewat sesi test driveyang diselenggarakan pihak PT Honda Prpospect Motor (HPM), pertengahan Mei lalu, tiga pilar ini coba kami buktikan.

Eksterior

Tampang Civic generasi terbaru memang berubah total. Wajahnya kini terasa lebih sporty sekaligus elegan. Lampu utama yang sudah full LED ditambah Daytime Running LED (DRL) menjelaskan kesan elegan tadi. Bentuk bemper depan berpadu apik dengan gril berlapis krom, menciptakan kesan simple, meskipun sama sekali tidak melunturkan aura sporty yang kuat.

Bentuk bodinya cukup unik, seperti mobil tanpa bagasi, karena bagian belakang yang lebih pendek, ketimbang bonet. Sekilas seperti mobil lift-back, mirip Mazda Astina yang sempat tenar di era 1990-an. Jadi terlihat seperti kaca belakang bisa naik ke atas, sekaligus menutup ruang bagasi. Tetapi, tidak demikian, pintu bagasi tetap ada, dan kapasitasnya cukup mengagumkan untuk membawa barang.

Sistem pencahayaan belakang mengaplikasi Combi Lamp dengan desainmeruncing di sudut, sementara LED Light Bars yang melekat di bagasi cukup menambah keamanan karena mampu memberi tanda kepada mobil lain saat pengereman.

Civic juga sudah menggunakan pelek lebar, 17 inci, sehingga menunjang perawakan yang kekar.

Aditya Maulana – KompasOtomotifHonda Civic Turbo

Salah satu bagian yang unik, menurut KompasOtomotif,  ada pada bagian ujung knalpot yang disebut dual exhasust pipe finisher. Entah karena faktor penghematan atau hitung-hitungan ongkos produksi, tetapi desain yang terlihat pada bagian ini agak lucu. Bagian yang berlapis krom, cuma sedikit, benar-benar di ujung pipa pembuangan. Berbeda dengan ujung knalpot mobil pada umumnya, yang lebih panjang atau menyambung sampai tabung penyaringan.

Jika diperhatikan, hanya “mulutnya” yang besar, tetapi pipa setelah mulut tetap kecil, sehingga kesannya dipaksa untuk tampil sporty.

Otomania/Setyo AdiAll New Honda Civic Turbo di pameran IIMS 2016

Interior

Beralih ke interior, Civic terbaru ini terasa lebih serba mudah dijangkau. Desain futuristik terpancar dari bentuk meter cluster, konsol tengah, hingga dasbor. Joknya sudah full leather, termasuk membalut lingkar kemudidan tuas transmisi. Honda mengaku sudah menggunakan material kelas premium untuk meningkatkan level kenyamanan pada interior Civic Turbo ini.

Mengatur posisi mengemudi ideal semakin mudah dengan sistem Tilt & Telescopic. Termasuk pengaturan jok pengemudi yang sudah elektrik, sehingga lebih terasa premium. Suhu udara di dalam kabin juga apik terjaga dengan sistemAC yang bisa diatur secara otomatis.

Aditya Maulana – KompasOtomotifInterior Honda Civic Turbo

Sepanjang perjalanan tes, KompasOtomotif mencoba beberapa fitur pada audio, seperti mendengarkan lagu melalui Bluetooth dan saluran radio. Cara mengoperasikannya juga cukup mudah.

Bicara kualitas suara, meski sudah dipasang tweeter, tetapi belum maksimal. Tetapi, kesenyapan kabin terasa ciamik, meski di jalan tol berkendara dengan kecepatan di atas 100 kpj, suara putaran ban dan hembusan sekali tidak terdengar.

Bukan hanya itu, legroom maupun headroom pada sisi pengemudi juga lapang, sehingga kenyamanan mampu terjaga baik. Di baris kedua,KompasOtomotif juga sempat merasakan duduk, hasilnya masih mampu memberikan kenyamanan maksimal.

Aditya Maulana – KompasOtomotifInterior Honda Civic Turbo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *