HONDA KUDUS JAYA. Nissan akan meluncurkan Nissan Kicks pada bulan Mei mendatang. Kabar ini memberi gairah ekstra bagi kami untuk melakukan perbandingan spesifikasi antara Nissan Kicks melawan Honda BR-V dan Toyota Rush. Anda pasti heran mengapa kami membandingkan ketiganya. Ini ada kaitannya dengan strategi harga Nissan Kicks yang akan beririsan dengan harga kedua rivalnya itu. Itulah inti alasan perbandingan atau komparasi antara Nissan Kicks, Honda BR-V dan Toyota Rush.

Apakah langkah ini salah? Belum tentu, pasalnya kita tentu tahu bagaimana kualitas SUV produksi Nissan. Apalagi kabarnya Nissan akan menjejali fitur-fitur menarik bagi Nissan Kicks. Bahkan, beberapa sumber menyebut Nissan Kicks akan memiliki fitur interior mirip dengan Nissan Juke.

Selain fitur interior, di sektor mesin, ketiganya juga akan sangat bersaing. Nissan akan menyediakan mesin 1,5 dan 1,6 liter untuk Kicks, sementara Honda BR-V dan Toyota Rush mengandalkan mesin 1,5 liter.

Apakah produk terbaik di antara ketiganya? Simak ulasannya di bawah ini.

Eksterior

Nissan Kicks menggunakan platform V seperti yang dipakai oleh Nissan Micra dan Renault Duster. Dari desain depannya, tampak Nissan Kicks tidaklah jauh berbeda dengan konsepnya. Tampak radiator grille besar, dengan bilah krom membentuk huruf U diapit oleh dua lampu depan yang besar. Logo Nissan di tengah grille melengkapi keindahan eksterior Nissan Kicks.

Pada bagian bumper terlihat grille bawah tiga kisi, diapit oleh lampu kabut. Menurut pendapat kami, fascia depan Nissan Kicks terlihat sangat bagus. Bonnet depan landai mengisyaratkan sudut pandang lebih luas dari kompetitornya. Di atapnya terdapat roof rail sebagai penegas gaya desain SUV milik Nissan Kicks.

Nissan Kicks punya karakter garis tajam di bagian samping mobil. Garis-garis tersebut mengingatkan kita kepada desain Nissan X-Trail Bagian panggul mobil di bawah pilar C cukup besar ukurannya, dengan pembuka pintu belakang berada di pilar C. Bagian belakang mobil sangat bagus dan mirip dengan Nissan X-Trail.

Di sisi lain, Honda menyebut Honda BR-V sebagai kendaraan/crossover multifungsi generasi terbaru dengan sentuhan desain bercitra tangguh. Jika dilihat dari eksterior, maka jelas sekali apa yang dimaksud dengan desain bercitra tangguh. Tengoklah fender dengan over fender plastik hitam di roda depan dan roda belakang.

Bagaimana dengan Toyota Rush? Dari segi eksterior, terlihat beberapa perubahan cukup mencolok yang dilakukan kepada New Rush dengan memberikan sentuhan baru pada beberapa bagian eksterior. Kini lampu depan sudah mengadopsi projector headlamp dengan LED. Sementara di lampu belakang juga telah menggunakan teknologi LED. Agar tampil lebih sporty, pada varian TRD Sportivo mendapatkan desain velg yang direvisi dengan nuansa two tone berukuran 16 inci. Bumper depan maupun belakang mengadopsi desain terkini TRD Sportivo, termasuk penambahan spoiler belakang dengan stop lamp yang menjadikannya tampil lebih sporty.

 

Interior

Interior Nissan Kicks bertema elegan dan mewah. Jok dalam kabin untuk tipe tertinggi akan dilapisi kulit, sementara tipe terendah dan menengah memakai pelapis fabric. Konfigurasi jok Nissan Kicks adalah 2+3 atau 5-seaters.

Ruang bahu di dalam kabin Nissan Kicks lebih luas dari Honda BR-V dan Toyota Rush. Mengapa demikian, karena lebar Nissan Kicks lebih besar dari kedua rivalnya itu. Dari segi fitur, Nissan Kicks akan dilengkapi dengan head unit berlimpah fitur mulai dari Bluetooth, Wi-Fi, kamera mundur, sistem navigasi dan layar sentuh 7 inci. Sebagai gambaran, fitur-fitur Nissan Kicks tidak akan jauh berbeda dengan yang ditawarkan oleh Nissan Juke.

Sayangnya, ruang kaki/leg room di dalam kabin Nissan Kicks tidaklah seluas kedua kompetitornya. Maklumlah Nissan Kicks memiliki sumbu roda paling pendek di antara ketiganya. Meskipun berbeda dalam konfigurasi tempat duduk, namun ketiganya akan berada dalam satu kisaran harga.

Beralih ke Toyota Rush. Bentuk lingkar kemudinya berubah dan kini terasa lebih nyaman digenggam. Terdapat tombol pengaturan sistem hiburan untuk mempermudah pengendalian sistem audio saat berkendara. Panel instrumen pun berubah dengan desain yang lebih sporty bernuansa warna merah.

Sistem hiburan kini mengadopsi layar sentuh berukuran 6.1 inci yang dilengkapi fitur bluetooth, port USB, Aux dan juga dapat memutar DVD. New Rush sanggup mengakomodasi hingga lima orang penumpang, namun jika Anda membutuhkan kursi ekstra untuk dua orang, Toyota menyediakan kursi baris ketiga sebagai opsi tambahan.

Berkonsep desain Premium & Active, Honda berupaya menghadirkan nuansa SUV dengan tampilan tangguh dan premium. Interior Honda BR-V juga menghadirkan kabin yang luas dan kenyaman tertinggi di kelasnya. Kualitas interior tercermin dalam setiap elemen yang memberikan kenyamanan tertinggi dan kemewahan. Semua itu adalah tujuan Honda ketika meracik interior. Nah, menurut Honda ada empat kelebihan interior yang ditawarkan Honda BR-V.

Untuk menciptakan ruang kabin yang luas, bagian lantai kendaraan didesain secara khusus untuk membuat ruang kaki kursi penumpang depan menjadi lebih luas. Ruang ditambahkan di tengah bawah pada posisi AV untuk menambah ruang penyimpan barang.

Honda BR-V menghadirkan ruang lutut dan ruang kepala yang lebih lapang pada baris kedua dan ketiga. Kursi baris ketiga merupakan jenis 50/50 split yang dapat dilipat dengan cepat dan mudah, untuk menciptakan ruang bagasi yang lebih luas.

Dimensi

Jika kita bandingkan dimensi Toyota Rush TRD Sportivo, Nissan Kicks, dengan Honda BR-V 1.5 L Prestige, maka Honda BRV lebih panjang, namun kalah lebar dari Rush dan Kicks. Sumbu roda Rush juga lebih panjang daripada Honda BR-V dan Nissan Kicks.

Honda BR-V adalah 7-seater, sementara Toyota Rush dan Nissan Kicks 5-seater. Dari segi daya angkut penumpang, BR-V lebih unggul. Meskipun demikian, Anda bisa saja menjejalkan jok baris ketiga opsional dalam kabin Rush. Tentu konsekuensinya ekstra ‘cash’ untuk menebusnya. Sementara Nissan Kicks hanya dirilis sebagai 5-seaters.

Nah, karena tidak memiliki jok baris ketiga, maka Toyota Rush dan Nissan Kicks memiliki ruang bagasi lebih luas dari Honda BR-V. Solusi bagi mereka yang membutuhkan tempat ekstra guna meletakkan barang berdimensi besar.

Dimensi

Toyota Rush 

Honda BR-V 

Nissan Kicks

Panjang / Length

4.420 mm

4,455 mm

4.300 mm

Lebar / Width

1.745 mm

1,735 mm

1.800 mm

Tinggi / Height

1.740 mm

1,650 mm

1.600 mm

Mesin

Di sektor mesin. Ketiganya memakai mesin berkubikasi seimbang. Rush dibekali mesin berkapasitas 1.495 cc bertenaga 109 PS, torsinya 141 Nm. Sementara Honda BR-V memakai mesin 1.496 cc. Tenaga puncaknya 120 PS dengan torsi 145 Nm. Kemungkinan besar, Nissan Kicks memakai mesin 1,5 liter selain mesin 1,6 liter bertenaga 111 hp.

Torsi puncak Honda BR-V pun lebih besar dari Toyota Rush. Torsi puncak Rush TRD Sportivo sebesar 141 Nm pada 4.400 rpm, sementara BR-V mencapai 145 Nm pada 4.600 rpm. Rupanya, tradisi keunggulan Honda di bidang performa mesin ketimbang Toyota masih terlihat di sini. Ya, mesin i-VTEC masih unggul dari dual VVT-i. Sementara ini kami belum mendapatkan data tentang torsi Nissan Kicks yang memang belum diluncurkan.

Mesin Toyota Rush  Honda BR-V 1.5 Nissan Kicks
Kapasitas 1.495  cc 1.496 cc 1.600 cc
Tenaga 109 PS/ 6.000 rpm 120 PS/6.600 rpm 111 hp
Torsi 141 Nm/4.400 rpm 145 Nm/4.600 rpm NA
Trasmisi 4-Speed AT/MT MT/CVT

 

X-Tronic

Kesimpulan

Memilih siapa pemenang dari pertarungan ketiga SUV ini tidaklah mudah. Dari dimensi, Honda dan toyota unggul dari Nissan. Di sektor mesin, Toyota Rush berada di urutan paling buncit. Tempat pertama ditempati oleh Honda BR-V. Honda BR-V juga memiliki kapasitas tujuh tempat duduk, dan ini lebih banyak dari Toyota Rush (tanpa opsional) dan Nissan Kicks (5-seaters).

Nah, mampukah Nissan Kicks mengalahkan Honda BR-V dan Toyota Rush? Jawabnya tentu saja bisa, apalagi jika melihat spesifikasi yang dimiliki oleh Nissan Kicks. Pun demikian, komparasi ketiganya akan kembali kami lakukan setelah data dan fakta mengenai Nissan Kicks semakin terang, pasca peluncurannya nanti di bulan Mei 2016.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *