HONDA KUDUS JAYA. Berikut kesimpulan dan data tes Honda BR-V Prestige CVT VS Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo di Indonesia. Manakah yang yang menjadi pemenang?

PILIHAN VARIAN
Toyota Rush terbukti memberikan alternatif model lebih banyak dibanding Honda BR-V. Total ada 6 varian Rush yang berbeda di kelengkapan fiturnya. Sementara BR-V terbagi dalam 4 varian mulai tipe BR-V S M/T, BR-V E M/T, BR-V E CVT, dan BR-V Prestige CVT.

PILIHAN TRANSMISI DAN MESIN
Keenam varian Toyota Rush yang ada seluruhnya ditawarkan menggunakan mesin 1.495 cc 4-silinder. Adapun opsi transmisi ada 2 baik otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan. Pun halnya dengan keempat varian Honda BR-V yang seluruhnya menggunakan mesin 1.497 cc 4-silinder. Adapun opsi transmisi juga hanya ada 2 baik otomatis CVT dan manual 5-percepatan.

RENTANG HARGA
Honda BR-V paling murah ialah tipe S M/T yang dijual seharga Rp 227,5 juta. Sementara tipe termahalanya ialah unit BR-V Prestige CVT yang dibanderol seharga Rp 262,5 juta. Untuk Toyota Rush, tipe termurah ialah Rush G M/T yang dijual seharga Rp 240,95 juta. Sementara untuk tipe termahalnya ada model Rush TRD Sportivo Ultimo yang dibandrol Rp 262,45 juta (OTR Jakarta).

 

Kesimpulan

Jika melihat poin di setiap parameter harus diakui jika Honda BR-V Prestige CVT cukup unggul dalam mengatasi perlawananan Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo A/T. Paling menonjol tentu saja di parameter performa, fitur dan value for money.

Bahkan dengan harga jual yang sebanding, kelengkapan fitur yang disuguhkan BR-V jauh lebih mumpuni dibanding Rush yang cenderung masih konservatif. Sementara bagi Toyota Rush praktis tidak ada parameter yang mampu diunggulinya jika dibandingkan dengan BR-V.

Hal positif dari Rush di parameter kenyamanan. Hal ini terkait penggunaan suspensi TRD yang terbukti optimal membuat bantingan suspensi lebih empuk di jalan. Walau saat dipacu dalam kecepatan tinggi masih cenderung agak limbung. Berbeda memang dengan BR-V yang tidak terlalu nyaman karena set suspensinya agak keras namun baik dalam hal akurasi setir dan handling.

Setidaknya bagi kami Rush harus betul-betul bangkit dan tidak sekadar melakukan facelift terus-menerus. Pasalnya para rival yang lain di segmen Compact SUV cukup fokus memberikan sederet fitur terkini termasuk dengan mesin bertenaga namun dalam kemasan harga yang boleh dibilang cukup kompetitif.

Peringkat Akhir
1 2
HONDA BR-V PRESTIGE CVT TOYOTA RUSH TRD SPORTIVO ULTIMO
+: Desain, performa, fitur, value for money
-: Bantingan suspensi keras, desain dasbor terlalu tinggi
+: Kenyamanan, varian lebih banyak
-: Desain, performa, fitur, value for money, transmisi otomatis masih konvensional

Sumber : Autobild

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *