HONDA KUDUS JAYA. Berikut hasil kesimpulan dan data tes lengkap antara Chevrolet 1.4 LTZ VS Honda HR-V 1.5 E CVT di Indonesia.

PILIHAN MESIN
Honda HR-V memiliki dua pilihan mesin yaitu 1.497 cc dan 1.799 cc. Mesin yang pertama dapat melansir tenaga 120 dk sedangkan mesin kedua punya tenaga puncak 139 dk. Kedua mesin ini menggunakan sistem camshaft tunggal atau dikenal SOHC dengan teknologi katup variabel I-VTEC.

Keberagaman ini tidak bisa ditemukan pada Chevrolet Trax yang hanya tersedia dalam satu pilihan mesin. Yakni jantung mekanis 1.364 cc 4-silinder turbocharger yang bisa menyemburkan tenaga hingga 140 dk. Sebuah figur yang cukup menggiurkan untuk mobil di kelasnya.

PILIHAN TRANSMISI
Pada Honda HR-V tersedia dua pilihan transmisi. Yaitu 6 percepatan manual untuk varian Honda HR-V 1.5 S. Bagi konsumen yang lebih menyukai transmisi otomatis CVT bisa memilih varian Honda HR-V 1.5L E CVT, Honda HR-V 1.8L CVT JBL Audio, atau Honda HR-V 1.8L Prestige.

Lagi-lagi keberagaman ini tidak bisa ditemui pada Chevrolet Trax. Karena kedua variannya, 1.4T LT AT atau pun 1.4T LTZ AT mengandalkan sistem transmisi otomatis 6 percepatan dengan Triptonic.

VARIAN
Honda HR-V hadir dalam lima varian dengan perbedaan di antaranya yang cukup signifikan. Sehingga menciptakan rentang harga yang cukup lebar, mulai dari Rp 267,9 juta sampai Rp 372,3 juta.

Chevrolet Trax tersedia dalam dua varian, 1.4 LT AT dan 1.4T LTZ AT. Masing-masing dipasarkan seharga Rp 267 juta dan Rp 291 juta.

Chevrolet Trax 1.4 LTZ AT sebagai varian tertinggi memiliki fitur-fitur yang tak dimiliki varian lainnya. Seperti cruise control, multi information display, hill descent control, atau sunroof.

 

Kesimpulan

Lewat pertarungan yang ketat, Chevrolet Trax 1.4 LTZ berhasil mengungguli Honda HR-V 1.5 E CVT. Meski bukan unggul secara signifikan, potensi kemenangan Trax lebih pada persoalan esensial yakni di performa. Ia memiliki mesin turbo yang tidak hanya lebih bertenaga tapi juga irit dalam olah konsumsi bahan bakar. Bahkan dengan kemasan harga yang lebih murah, Trax bisa memberikan sederet fitur tambahan yang notabene tidak dimilki HR-V.

Walaupun akhirnya tersisih, HR-V boleh kalah dengan bermartabat. Ia punya desain eksterior dan interior yang lebih oke dan boleh jadi justru jadi penilaian subyektif beberapa konsumen. Menyenangkannya lagi, HR-V dibekali handling yang cukup tajam.

Meski karakternya mirip dengan Trax ia didukung paddle-shift yang menambah keasyikan berkendara. Dan poin penting lain, karena ia lini produksi Honda maka Anda tidak perlu khawatir dengan jariangan after sales Honda yang sudah sangat luas.

CHEVROLET TRAX 1.4 LTZ HONDA HR-V 1.5 E CVT
+: Performa, fitur, value for money, model tidak pasaran, cukup berorientasi offroad
-: Desain, fun to drive, jaringan after sales
+: Desain, interior lebih menyenangkan, fun to drive, transmisi otomatis lebih modern, jaringan after sales
-: Performa, harga mahal, fitur lebih sedikit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *