HONDA KUDUS JAYA. Mobil moderen saat ini telah banyak dilengkapi berbagai fitur canggih, salah satunya ialah Cruise Control. Fitur ini dapat membuat kendaraan Anda melaju dalam kecepatan konstan tanpa perlu menginjak pedal gas. Fitur ini tentunya sangat berguna saat kita berkendara di jalan yang lengang. Namun, sebaiknya jangan gunakan Cruise Control saat mengemudi dalam kondisi hujan.

“Jangan mengaktifkan cruise control karena sangat berbahaya bila fitur ini aktif saat mengemudi di tengah hujan, lebih baik kontrol kendaraan anda secara manual.” ujar Marcel Kurniawan, Training & Development Manager Real Driving Centre (RDC). Menurutnya, pada saat kondisi hujan terlebih jalanan yang terkesan padat membuat para pengendara harus bisa beradaptasi dengan baik.

“Cruise Control akan membuat kecepatan mobil tetap stabil, dan bekerja di atas 40 km/jam. Sedangkan dikala hujan pengemudi dituntut dapat beradaptasi dengan kondisi jalan. Jadi, tidak dapat berjalan di kecepatan yang sama,” ungkap Marcel lagi.

Sebab dengan berkendara secara manual pengemudi dapat lebih mudah menyesuikan kecepatan mobil. “Kalau melaju dengan kecepatan yang terus sama, kemungkinan mobil akan sulit untuk dikendalikan, karena bisa saja terjadi gejala hidroplanning (slip) besar yang bisa membahayakan,” tutup Marcel.

Sumber : Autobild

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *