HONDA KUDUS JAYAPT Honda Prospect Motor (HPM) memaparkan sejumlah perubahan di New CR-Z. Mengusung konsep ‘More Hybrid Sport’ perbedaan dari model lama terpancar dari eksterior dan interior, yang diyakini mampu memberikan “aura” lebih sportif pada CR-Z.

Revisi di eksterior dapat dilihat dari lampu depan full LED. Ubahan ini sekilas membuat bentuk lampu utama lebih sipit dibanding model lama. LED tipe segaris (inline) tersebut hadir dengan fitur high/low beam, serta auto leveling/auto light control.

Perbedaan lain terlihat di bumper depan-belakang dengan diffuser menyerupai ‘lipatan lidah’ warna hitam. CR-Z facelifted juga dibekali velg alloy baru lingkar 17-inci. Aplikasinya serupa mobil-mobil Honda masa kini, di mana warna alloy dibubuhi aksen hitam di ruas luar.

Beralih ke interior, kabin mengusung skema dua warna hitam-oranye. Honda menyebutnya “Exciting Mature Cockpit”, dan dilengkapi fitur Smart Entry + One Push Ignition System, New Hands Free Telephone Steering Switch, dan New 7.0” Touch Screen AV System with Mirroring.

Menariknya, tuas rem tangan hilang dari pandangan. Fitur rem parkir digantikan tombol Automatic Parking Brake. “Tuasnya kami hilangkan dan diganti konsol tengah. Ini membuat kabin lebih lapang, dan membuat konsumen melihat perbedaan nyata,” kata Terukazu Torikai, Automobile R&D Center, Honda R&D Co. Ltd.

Pengendalian juga diklaim lebih baik dari versi lama. Lebar tapak ban belakang kini bertambah 10 mm. Penyempurnaan juga dilakukan pada damper dan spring rate bagian depan dan belakang. Selain menambah kenyamanan, diklaim lebih ‘menggigit’ aspal.

Tambahan fitur kini dilengkapi Rear Parking Camera dari beberapa sudut. Lampu tachometer di instrumen panel juga dapat berubah menjadi tiga warna, yaitu biru, merah atau hijau, sesuai dengan tiga Mode pengendalian yang ditawarkan, yaitu Normal, Sport dan ECON.

New CR-Z tetap mengusung mesin bensin i-VTEC 1,5-liter yang menghasilkan 116 hp pada 6.600 rpm seperti versi lama. Daya tersebut ditambah satu motor listrik dengan teknologi baterai Integrated Motor Assist (IMA) bertenaga 100 volt yang menghasilkan tenaga 19,7 hp.

Torikai mengatakan, sistem hibrid di CR-Z membuat mesin bakar konvensional maupun motor listrik bekerja bersamaan saat mobil berakselerasi. Namun saat pengereman, daya yang dihasilkan disimpan oleh peranti IMA berupa energi kinetik.

“Meski New CR-Z ini merupakan minor change tapi semua ubahan ini akan terasa oleh pengendara. New CR-Z ini kami kembangkan bukan hanya sebagai sedan sport hybrid tapi lebih dari itu,” pungkas pria yang bertugas sebagai Chief Engineer Honda CR-Z Jepang tersebut.

New CR-Z dibanderol Rp 535 juta on the road (OTR) Jabodetabek. Sedan sport hibrid yang meluncur perdana di IIMS 2012 silam tersebut ditawarkan dalam empat pilihan warna, yaitu Milano Red, Premium White Pearl, Hellios Yellow Pearl II, dan Smart Black

Sumber : Dapurpacu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *