HONDA KUDUS JAYA. Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga vs Toyota Avanza Veloz 1.5 vs Nissan Grand Livina. Siapa paling fun to drive?

Sedari awal, kami sudah membayangkan jika masuk ke ranah fun to drive maka Mobilio RS-lah yang menjadi juaranya. Dan dugaan kami benar. Tampil sebagai pemilik mesin terkuat dengan catatan akselerasi terkencang menjadi modal besar bagi Mobilio RS untuk asyik dikendarai.

Tapi kelebihan Mobilio tak hanya itu. Set suspensi yang lebih rigid pun membuat handlingnya presisi. Pun dengan posisi duduk rendah membuat pengemudi terasa lebih fun menyetir Mobilio RS.

 

Avanza Veloz satu-satunya yang berpenggerak roda belakang (RWD) Ertiga GX punya bantingan lembut

Grand Livina HWS di sisi lain menawarkan keasyikan berkendara yang sedikit berbeda. Ia bukan mobil yang tampil menggebu-gebu karena pengendaraannya terbilang halus. Tak hanya transfer tenaga yang lembut, bantingan yang empuk pun kian menambah aura Grand Livina HWS sebagai mobil yang asyiknya adalah sebagai mobil santai. Karakter bantingan Grand Livina HWS ini mirip dengan yang dimiliki Ertiga GX.

Hanya saja akselerasi Ertiga GX yang kalah cekat dari Grand Livina HWS mau tak mau membuat fun to drive-nya sedikit lebih rendah. Lalu Veloz yang merupakan satu-satunya peserta berpenggerak roda belakang (RWD) membuat rasa berkendaranya sedikit berbeda dibanding yang lain.

Mobilio RS menjadi rival paling asyik dikendarai Grand Livina HWS unggul di kehalusan

Handling-nya mungkin tidak setajam Mobilio RS, tapi ia sudah masuk di taraf tajam. Menyalip kendaraan lain terutama di tikungan pun terasa lebih meyakinkan karena memang ia lebih kencang dari Grand Livina HWS dan Ertiga GX. Faktor lain adalah posisi duduk. Veloz memang tidak serendah Grand Livina yang membuat jagoan Nissan itu lebih asyik, tapi posisi duduk yang tinggi membuat pengemudi lebih awas dalam memantau sekitar dan kondisi ini juga ditemukan saat mengemudikan Ertiga GX.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *