HONDA KUDUS JAYA. Akhir tahun lalu, PT Honda Prospect Motor (HPM) tengah mempertimbangkan untuk kembali memberi pilihan baru di segmen mobil keluarga serbaguna (Multi Purpose Vehicle/MPV) dengan daya angkut di atas lima penumpang. Ada dua model, yakni Jade RS dan Step Wagon.

Lantas, sampai saat ini bagaimana perkembangannya dan model apa yang akan dibawa ke Indonesia sebagai pesaing Toyota Innova?

“Belum bisa kita informasikan lebih jelas. Jade RS atau Step Wagon segmennya hampir mirip dengan Mobilio dan BR-V,” ujar Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM Jonfis Fandy di sela-sela acara Test Drive Honda BR-V di Bali, Rabu (27/1/2016).

HPM, kata Jonfis belum memikirkan untuk membuat segmen MPV menjadi sangat sempit. Di kelas MPV tujuh penumpang, HPM memiliki Mobilio dan crossover tujuh penumpang BR-V yang baru diluncurkan tahun lalu.

“Kita fokus dulu ke Mobilio dan BR-V, jika sudah waktunya kita akan kita informasikan,” kata Jonfis.

Jade RS adalah MPV terbaru dari Honda Motor Co Ltd yang saat ini hanya dipasarkan di Jepang. Dimensinya panjang dan pendek (rendah), mirip aura Honda Stream yang saat ini bekasnya masih diburu. Menariknya, Jade RS pakai mesin baru VTEC Turbo 1.500 cc. Jika dipasarkan di Indonesia, posisinya akan berada di antara Freed dan Oddyssey, menantang Toyota Innova.

1424060Honda-Step-Wagon-TMS780x390

Honda Step Wagon di panggung Tokyo Motor Show 2015.

honda jade RS Honda kudus jaya

Honda jade RS

Sementara Step Wagon adalah MPV medium dengan model boxy. Pesaingnya sudah banyak, seperti Toyota NAV1, Nissan Serena, hingga Mazda Biante. Model yang mengotak memberi keuntungan ruang yang sangat lega, terutama untuk kepala. Daya angkut pada pada bagasi juga otomatis semakin besar. Namun kekurangannya, mobil tidak bisa dipakai agresif karena bodi yang bongsor.

Sumber : Kompas otomotif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *