HONDA KUDUS JAYA. Berlangsung di ajang Bangkok International Motor Show 2016, Honda Civic 2016 akhirnya melakukan debutnya di Asia Tenggara. Di ajang pameran tahunan tersebut, Honda Automobile (Thailand) Co. menjadikan generasi ke-10 Civic sebagai bintang pameran di paviliun Honda di ajang ini.

Di Indonesia, PT Honda Prospect Motor juga telah mendaftarkan Civic terbaru untuk melakukan Uji Tipe di Departemen Perindustrian Republik Indonesia, dan tampaknya hanya tinggal menunggu waktu untuk diluncurkan di Indonesia. Dengan mengunggulkan tampilan yang lebih sporty, Civic seakan kembali menawarkan nilai- nilai sedan berperforma yang sempat menempel sebagai citra kuat di kelasnya.

Untuk mendukungnya, Honda memperkenalkan empat varian Civic 2016 untuk konsumen Negeri Gajah Putih dengan dua pilihan mesin yang tersedia.

Mesin pertama adalah 4-silinder 1,8 liter i-VTEC dan yang kedua adalah mesin 4-silinder 1,5 liter VTEC turbo yang leboih diunggulkan dalam hal performa. Menurut Honda, pilihan mesin turbo 1,5 liter ini mampu menyuguhkan performa sehebat mesin 2,4 liter dengan efisiensi bahan bakar setara mesin 1,8 liter.

Mesin 1,8 liter i-VTEC menghasilkan tenaga 141  hp pada 6.500 rpm dan torsi puncak 174 Nm pada 4.300 rpm. Sementara mesin 1,5 liter Turbo VTEC mampu menghembuskan tenaga puncak 173 hp pada 5.500 rpm dan torsi maksimal hingga 220 Nm mulai 1.700 rpm hingga 5.500 rpm.

Pilihan mesin 1,8 liter ada pada varian 1.8E dan 1.8EL sementara mesin 1,5 liter ditawarkan pada varian Turbo dan Turbo RS. Semua varian tersebut dipasangkan dengan transmisi CVT berteknoogi Earth Dreams khas Honda.

1. Fitur Honda Civic 2016

Berbagai fitur berteknologi tinggi ditawarkan oleh Honda pada Civic terbaru ini.

Di dashboard terdapat  sistem audio berlayar sentuh 7 inci yang mendukung Apple CarPlay. Salah satu kecanggihan lain yang ditawarkan adalah penggunaan Engine Remote Start yang tak hanya dapat menyalakan mesin melalui remote, namun juga menyalakan AC untuk memberikan kesejukan lebih awal.

Untuk fitur keselamatan, pada website Honda Thailand disebutkan bahwa Civic mendapatkan Honda Lane Watch, Electric Parking Brake, Emergency Stop Signal, Multi-angle Rearview Camera dan Hill Start Assist.

Khusus pada varian Turbo RS, mobil ini mendapatkan balutan bodikit berbeda dan beberapa aksesoris.

Di depan, varian ini telah menggunakan lampu utama LED, termasuk pada lampu kabut, gril dan bumper khas milik RS, spoiler di bagasi belakang dengan lampu rem tambahan LED serta pedal akselerator yang lebih sporty.

Di ajang ini pula, Honda menampilkan varian Civic Modulo yang menyuguhkan varian Turbo dengan balutan aksesoris lansiran Modulo, antara lain tambahan bodi kit di bumper depan, belakang dan side skirt, sentuhan aksen chrome di lampu kabut, ujung knalpot aluminium, velg berwarna gelap, kaca spion samping dengan lampu sein LED serta aksen sporty lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *