HONDA KUDUS JAYA. Honda HR-V dan Jazz menerima status baru sebagai mobil yang aman. Setelah diuji tabrak oleh Euro NCAP, dua andalan Honda itu meraih skor 5 bintang alias rating tertinggi meski harus melewati regulasi tes yang semakin ketat. Honda patut berbangga, karena hasil ini menyusul rating yang sama diperoleh Civic versi Eropa dan CR-V.

Keduanya harus melewati tes tabrak depan dengan kecepatan 64 kpj, 40 persen lebar bodi mengenai tembok. Tes lain, semua bagian depan atau 100 persen lebar mobil harus ditabrakkan penghalang dengan kecepatan 50 kpj.

Sementara tes tabrak samping, terdapat semacam tembok keras yang ”menghajar” pintu pengemudi dengan kecepatan 50 kpj. Terakhir, bodi samping mobil ditabrakkan pada tiang dengan kecepatan 32 kpj. Tes lain termasuk impact sangat kecil untuk pedestrian jika ditabrak.

Euro NCAPHonda All-New Jazz meraih 5 bintang dalam tes tabrak Euro NCAP.

Disimpulkan, HR-V mampu memberi perlindungan penumpang dewasa mencapai 86 persen, anak-anak 79 persen, pejalan kaki 72 persen, dan perlengkapan keamanan dinilai 71 persen. Sedangkan Jazz dinilai memberikan perlindungan penumpang dewasa hingga 93 persen, anak-anak 85 persen, pejalan kaki 73 persen dan fitur keamanan 71 persen.

Euro NCAP sangat memperhatikan soal fitur rem otomatis yang membuat mobil mampu mengerem sendiri atau mengurangi kecepatan saat mendeteksi bakal terjadi tabrakan. Di Eropa, Honda melengkapi Jazz dan HR-V dengan City-Brake Active system (CTBA).

Fitur keamanan lain yang mendukung dua mobil in meraih lima bintang adalah Advanced Driver Assist System (ADAS), Forward Collision Warning, Traffic Sign Recognition System, Intelligent Speed Limiter, Lane Departure Warning and High-beam Support System, dan banyak lainnya.

September 2015 lalu, Mazda CX-3 yang merupakan rival Honda HR-V meraih 4 bintang karena belum dilengkapi peranti rem otomatis. Penasaran dengan dahsyatnya ”ujian” untuk Jazz dan HR-V? Simak videonya berikut ini:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *