HONDA KUDUS JAYA. menghasilkan suara “murni” dari sistem audio butuh trik spesial. Bentuknya tidak melulu harus glamor dan pamer estetika sana-sini, bisa juga seperti Honda Jazz yang satu ini dengan tampilan kalem tapi tetap bisa “nendang”.

Febri Ardani/KompasOtomotifDari luar tampangnya tidak punya kesan khusus.

Pertama dipandang dari luar, tampilan mobil biasa saja. Paling beda hanya pelek dibanding model standar. Tapi begitu melongok ke kabin, ramuan ajaibnya baru ketahuan.

Kondisi dasbor telah berubah, suasana beda langsung kentara dari posisi instrument cluster yang sekarang berada di tengah mirip gaya Toyota Vios model lama. Meletakan penampang informasi mobil di tengah membuat dasbor simetris, selain itu desainnya jadi terlihat lebih rata dan lapang.

Matius Henry, installer yang mengaku dari distributor produk audio merek Flux mengatakan, modifikasi seperti ini berkaitan dengan suara. Konsep yang digarap mengincar sound qualityuntuk ikut lomba kategori Pure Sound di EMMA Asia Final 2015 yang digelar di Mall Living World, Alam Sutera, Tangerang.

Febri Ardani/KompasOtomotifSubwoofer disembunyikan di dasbor depan, jadi tidak perlu banyak perubahan di bagasi.

Bila biasanya pemodifikasi audio meletakan fokus pelantang suara di bagasi, yang satu ini lain. Titik kordinat suara ada di bagian depan, itulah kenapa dasbor diubah demikian.

Matius mengungkap, di depan terdapat speaker 3-way dan subwoofer. Menariknya, subwoower cuma  bisa didengar tapi tak bisa dilihat sebab posisinya tersembunyi di dalam dasbor.

Febri Ardani/KompasOtomotifDetail perubahannya.

Tidak banyak penjelasan detail soal teknik pembuatan sekaligus fungsi konfigurasi itu, namun dikatakan hal ini mendukung konsep. Semua garapannya disebut sangat memerhatikan detail.

“Kalau diperhatikan di dasbor itu kan ada pelapis, itu saja kita mesti cari bahan khusus,” ucapnya.

Kualitas nomor satu, penampilan kesekian. Matius bilang perubahan seperti ini menghabiskan dana hampir Rp 100 juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *